Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Kopi Arabika di Kota Meulaboh

Penulis

Risnadi Irawan, Mustafa Kamal, Hanif Muchdatul Ayunda, Adib, Abdiel Khaleil Akmal, Marlinda, T.M. Aziz Pandria

Jurnal

Serambi Engineering

Reviewer

Natasya Rahajeng

Latar Belakang

Artikel ini adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Kota Meulaboh setelah gempa bumi dan tsunami Aceh pada tahun 2004. Pertumbuhan ekonomi ini menyebabkan peningkatan jumlah warung kopi arabika di kota tersebut, yang pada gilirannya meningkatkan jumlah konsumen dengan latar belakang dan preferensi yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih warung kopi arabika di Kota Meulaboh. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, diharapkan dapat membantu pengusaha warung kopi arabika untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tujuan

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih warung kopi arabika di Kota Meulaboh. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan konsumen ke dalam beberapa kategori yang didasari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih warung kopi arabika. Artikel ini menggunakan teknik analisis multivariate dari Principle Component Analysis (PCA) dalam analisis data penelitian dengan tahapan seperti perhitungan matriks korelasi, analisis faktor dan mengestimasi muatan setiap faktor dengan metode estimasi maksimum. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang berharga tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam industri warung kopi arabika di Meulaboh, yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Metode

Artikel ini menggunakan dua metode pengumpulan data: 1. Kuesioner : Kuesioner berisi penjelasan terkait aspek-aspek yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih kedai kopi arabika. Skala Likert digunakan sebagai jenis kuesioner dalam penelitian ini. 2. Dokumentasi : Dokumentasi digunakan sebagai bahan pendukung dalam penelitian, seperti data luas perkebunan kopi dan produksi kopi yang digunakan sebagai data sekunder. Artikel ini juga menggunakan teknik analisis multivariat, seperti Prinsip Komponen Analisis (PCA), untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari kuesioner dan dokumentasi. Analisisnya meliputi langkah-langkah seperti menghitung matriks korelasi, analisis faktor, dan memperkirakan beban masing-masing faktor dengan menggunakan metode estimasi maksimum.

Hasil

Penelitian menemukan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih kedai kopi arabika di Meulaboh, yaitu hubungan sosial, harga, kualitas kopi arabika, kualitas pelayanan, dan suasana. Penelitian ini juga menemukan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen adalah kualitas kopi Arabika. Konsumen yang memiliki pengetahuan mengenai kopi dan kualitasnya cenderung memilih kopi Arabika dibandingkan jenis kopi lainnya.

Kesimpulan

Penelitian ini menyimpulkan bahwa memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sangat penting untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan kepuasan pelanggan di industri kedai kopi Arabika di Meulaboh. Studi tersebut merekomendasikan pemilik kedai kopi Arabika untuk fokus pada peningkatan kualitas kopi mereka dan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *